TEKNIS
SUPERVISI
Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
“Etika dan Profesi Keguruan”
![]() |
Disusun oleh:
Ade Prasetyo : 210311213
KELAS/SEMESTER : TB.F/VI
Hari Kamis
Jam Ke-III
Dosen Pengampu:
Drs. Edhy Mahfudh, MM.
( 195301281982031001 )
JURUSAN
TARBIYAH
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PONOROGO
2014
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Kata
Pengantar
Alhamdulillahirabbil’alamin kami ucapkan kehadirat
Allah SWT dan Sholawat beriringkan salam tetap kita tujukan kepada Nabi Kita
Nabi Muhammad SAW sebagai utusan-Nya yang selalu memberikan kita jalan
kebenaran.
Syukur alhamdulillah karena dengan Rahmat-Nya pemakalah
dapat menyelesaikan penyusunan dengan baik.
Dalam proses pembelajaran tidak bisa dipungkiri,
pasti adanya problem bagi para guru khususnya dalam menghadapi peserta didik
yang beraneka ragam. Sehingga, mereka harus menemukan jalan keluar, untuk
memberikan hasil terbaik dalam pembelajaran tersebut dan mencapai tujuan yang
ditargetkan. Sering bagi guru kurang ahli dalam menjelaskan materi yang di
sampaikan agar dapat diterima peserta didik dengan baik. Dengan adanya karya
tulis ini diharapkan mampu memberikan jawaban atas problem tersebut.
Di sini pemakalah memaparkan sedikit tentang “Teknik
Supervisi” semoga Karya Tulis ini dapat menjawab kekurangan yang di hadapi di
setiap lembaga. Namun, disini pemakalah
merasa masih banyak adanya kekurangan dan jauh seperti yang diharapkan, maka
dari itu kami berharap saran yang membangun dari pembaca.
Terima
Kasih ...
B. RumusanMasalah
1. Apa pengertian teknik supervisi ?
2. Apa saja macam-macam teknik supervisi
?
BAB II
PEMBAHASAN
- Pengertian Teknik Supervisi
Usaha
untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya guru dapat di
laksanakan dengan menggunakan berbagai alat (device) dan teknik supervisi.
Umumnya alat dan teknik supervisi dapat
dibedakan dalam dua macam alat/teknik. Jhon Minor Gwyn, 1963 yaitu teknik yang
bersifat individual dan teknik yang bersifat kelompok.[1]
- Teknik-Teknik Supervisi
Teknik-teknik
supervisi yang dibahas dalam bab ini mencakup teknik-teknik yang berhubungan
dengan kelas, teknik-teknik yang menyangkut tentang diskusi dalam rapat,
teknik-teknik yang spessifik operasional, teknik supervisi sebaya, pendapat
para siswa, kunjungan sekolah, dan pertemuan pendidikan. Teknik tersebut di
jabarkan menjadi 10 teknik, yaitu :
1.
Tekni-teknik
yang berhubungan dengan kelas :
a.
Observasi
Kelas
b.
Kunjungan
Kelas
2.
Teknik-teknik
dengan berdiskusi :
a.
Pertemuan
Formal
b.
Pertemuan
Informal
c.
Rapat
Guru
3.
Supervisi
Yang direncanakan bersama
4.
Teknik
supervisi sebaya
5.
Teknik
yang memakai pendapat siswa dan alat elektronika
6.
Teknik
yang mengunjungi sekolah lain
7.
Teknik
melaui pertemuan pendidiakan.
Di sini
pemakalah tulis sedikit definisi-definisi setiap teknik.
- Teknik Observasi Kelas, 10. Teknik Kunjungan Kelas.
Salah
satu cara supervisor melakukan supervisi ialah dengan mengobservasi kelas yang
sedang belajar di bawah bimbingan gurunya. Guna untuk memperoleh data tentang
segala sesuatu yang terjadi ketika proses belajar mengajar.
- Pertemuan Formal
Pertemuan
formal adalah pertemuan yang sengaja diadakan pada waktu tertentu, yang
dihadiri guru atau guru-guru dengan supervisornya.pertemuan ini bisa empat mata
ataupun pertemuan supervisor dengan sekelompok guru.
- Pertemuan Informal
Yang
di maksud dengan pertemuan Informal adalah pertemuan-pertemuan yang tidak
direncanakan waktu dan tempatnya. Pertemuan itu bisa terjadi sewaktu-waktu dan
dimana saja bila diperlukan.
- Rapat Guru
Rapatguru
dibedakan dengan pertemuan formal karena dalam rapat ini semua guru ikut
terlibat, sedangkan dalam pertemuan formal belum tentu, walaupun dalam sifatnya
rapat guru termasuk pertemuan formal, rapat guru diadakan secara berkala 3
bulan atau 6 bulan sekali.
- Supervisi yang di rencanakan bersama
Ini
adalah supervisi yang di rencanakan bersama oleh supervisor dan guru-guru yang
dibimbing.
- Supervisi Sebaya
Sejajar.
Supervisi yang di lakukan oleh guru-guru yang sukses dalam kinerjanya, untuk
memeperbaiki proses belajar mengajar guru yang lainya.
- Supervisi yang memakai pendapat para siswa dan alat elektronika
Supervisi
yang dilakukan Supervisor dengan meminta bantuan kepada beberapa siswa untuk menilai gurunya.
- Supervisi dengan mengunjungi tempat lain
Supervisi
dengan mengunjungi sekolahan yang maju, agar supaya ditiru oleh sekolah yang
lainya.
- Supervisi melalui pertemuan-pertemuan pendidikan
Pertemuan-pertemuan
yang diadakan lembaga-lembaga pendidikan untuk membahas masalah yang dihadapi
bersama. Mengenai inovasi pendidikan mulai dari konsep sampai dengan
aplikasinya.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
-
Teknik Supervisi adalah Usaha untuk
membantu meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya guru.
-
Teknik Supervisi di jabarkan menjadi 10
Teknik, yaitu :
1.
Teknik
Observasi Kelas
2.
Pertemuan
Formal
3.
Pertemuan
Informal
4.
Rapat
Guru
5.
Teknik
Kunjungan Kelas
6.
Supervisi
yang telah di rencanakan bersama
7.
Supervisi
Sebaya
8.
Supervisi
yang menggunakan pendapat para siswa dan alat elektronika.
9.
Supervisi
dengan mengunjungi sekolah lain.
10.
Supervisi
melalui pertemuan-pertemuan pendidikan.
B.
Saran
Semoga
sedikit pengetahuan tentang tekhnik supervisi yang pemakalah buat, semoga
bermanfaat bagi kita semua para calon pendidik dan tenaga kependidikan yang
handal dan profesional.
Di
sini pemakalah meminta maaf apabila dalam penyusunan atau pengetikan ada yang
kurang berkenan atau kurang pas, sekali lagi saya haturkan mohon maaf yang
sebesar besarnya. Karena “ al-insanu mahalul khoto’ wa nisyan” sekian, Wassalamualaikum
Wr.Wb
[1]
Piet A. Sahertian, Konsep Dasar Dan
Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia,
(Jakarta : PT. Rineka Cipta 2000), hal.52
Tidak ada komentar:
Posting Komentar