RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
BERDASARKAN
PERMENDIKNAS NO. 41 / 2007 STANDAR PROSES
(KTSP 2006)
(satu RPP adalah
satu KD)
Mata Pelajaran : FIQIH
Kelas/Semester : VII / II
Alokasi Waktu : 20 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 7. Melaksanakan tata
cara sholat sunah muakad dan ghoiro muakad
KOMPETENSI DASAR :
7.2 Menjelaskan macam-macam sholat sunah muakad
INDIKATOR :
7.2.1 Menjelaskan macam-macam sholat sunah muakad
7.2.2 Menjelaskan sholat sunah muakad dua
rakaat sebelum sholat subuh
7.2.3 Menjelaskan sholat sunah muakad dua rakaat
sebelum sholat dzuhur
7.2.4 Menjelaskan sholat sunah muakad dua
rakaat sesudah sholat dzuhur
7.2.5 Menjelaskan sholat sunah muakad dua
rakaat sesudah sholat magrib
7.2.6 menjelaskan sholat sunah muakad dua
rakaat sesudah sholat isya.
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa/siswi dapat :
C A
1. Menjelaskan
macam-macam sholat sunah muakad dengan tepat dan benar
B D
2. Menjelaskan
sholat sunah muakad dua rakaat sebelum sholat subuh dengan tepat dan benar
B D
3. Menjelaskan
sholat sunah muakad dua rakaat sebelum sholat dzuhur dengan tepat dan benar
B D
4. Menjelaskan
sholat sunah muakad dua rakaat sesudah sholat dzuhur dengan tepat dan benar
B D
5. Menjelaskan
sholat sunah muakad dua rakaat sesudah sholat magrib dengan tepat dan benar
B D
6.
Menjelaskan sholat sunah muakad dua rakaat sesudah sholat isya dengan
tepat dan benar
B D
II.
MATERI
A.
Macam-macam sholat sunah muakad
B. Sholat sunah muakad
dua rakaat sebelum sholat subuh
C. Sholat sunah muakad dua
rakaat sebelum sholat dzuhur
D. Sholat sunah muakad
dua rakaat sesudah sholat dzuhur
E. Sholat sunah muakad
dua rakaat sesudah sholat magrib
F. Sholat sunah muakad
dua rakaat sesudah sholat isya
III.
METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN
A.
Metode
1.Ceramah
2.Tanya Jawab
3.Diskusi
B. Strategi
1.Reading Guide
2.Group Resume
3.Giving Question and Getting answer
IV.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Awal
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
1 Menit
2 Menit
7 Menit
|
- Salam / Do’a
- Absen
- Apersepsi
G : Anak-anak
pernahkah kalian sholat sunah sebelum
dzuhur ?
M : Pernah Pak
G : Anak-anak
berapa rakaat kah sholat sunah sebelum sholat dzuhur ?
M : saya pak ...
“dua rakaat”
G : Bagus, baiklah
siapa di antara kalian yang tahu niat sholat sunah muakad sebelum sholat
dzuhur ?
M :
...............................
G : Pintar semua
anak-anak, pak guru sangat senang anak-anak bisa menjawab pertanyaan pak guru
dengan baik dan benar.
Baiklah anak-anak, pada kesempatan hari ini kita akan
belajar bersama tentang “Macam-macam sholat sunah muakad”.
|
Ceramah
Tanya Jawab
Tanya Jawab
|
- Buku Absensi
- Bolpoin
|
2.
Kegiatan Inti (eksplorasi, elaborasi,
dan konfirmasi.)
a. Eksplorasi
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
20 Menit
|
-
Guru menentukan bahan bacaan
yang akan di pelajari tentang sholat sunah muakad.
-
Guru membuat kisi-kisi
pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa/siswi melalui bahan bacaan yang telah
dipilih.
-
Guru membagikan bahan bacaan
dengan kisi-kisi pertanyaan tentang sholat sunah muakad.
-
Guru membahas kisi-kisi
pertanyaan dengan menanyakan jawaban kepada siswa/siswi tentang sholat sunah
muakad.
-
Guru membagi siswa/siswi
kedalam 5 kelompok :
a.
Menjelaskan sholat sunah
muakadah sebelum sholat subuh.
b.
Menjelaskan sholat sunah
muakadah sebelum sholat dzuhur.
c.
Menjelaskan sholat sunah
muakadah sesudah sholat dzuhur.
d.
Menjelaskan sholat sunah
muakadah sesudah sholat magrib.
e.
Menjelaskan sholat sunah
muakadah sesudah sholat isya.
-
Guru membagi materi ke
setiap kelompok sesuai dengan topik
-
Guru membagikan kertas plano
dan spidol kemudian ditempel di dinding
-
Guru membuat potongan kertas
2 x jumlah siswa (beda warna)
-
Siswa/siswi menulis “saya
belum faham tentang sholat sunah muakad” pada potongan kertas pertama.
-
Potongan kertas kedua
siswa/siswi menulis “ saya dapat menjelaskan tentang sholat sunah muakad.
|
Reading Guide
Group Resume
Giving Questions and Getting Answer
|
-
Nur Hadi, Ayo memahami fiqih
MTs/SMP Kelas VII Jilid I Jakarta PT. Gelora Aksara 2009.
-
Buku Materi
-
Kertas Plano
-
Spidol
-
Dan Solatip.
-
2 Kertas beda warna,
Kertas 1 warna
merah
Kertas 2 warna
hijau
-
Spidol
-
Gunting.
|
b. Elaborasi
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
20 Menit
|
-
Guru meminta masing-masing siswa/siswi
untuk mempelajari bahan bacaan dengan menggunakan kisi-kisi pertanyaan yang
dibagikan .
-
Perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil rangkuman tentang sholat sunah muakad.
-
Guru meminta salah satu
siswa/siswi untuk membacakan pertanyaan yang sudah ditulis “saya belum faham
tentang sholat sunah muakad”.
-
Guru mencari siswa/siswi
yang menulis “saya dapat menjelaskan tentang sholat sunah nuakad” untuk
menyampaikan jawaban.
|
Reading Guide
Group Resume
Giving Questions and Getting Answer
|
-
Hand Out Materi.
-
Kertas Plano
-
Spidol
-
2 Kertas beda warna,
Kertas 1 warna
merah
Kertas 2 warna
hijau.
-
Spidol
-
Gunting.
|
c. Konfirmasi
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/Bahan/ Alat
Kebutuhan
|
20 Menit
|
- Guru memberikan
klarifikasi tentang sholat sunah muakad.
- Guru memberikan
klarifikasi tentang sholat sunah muakad.
|
Group Resume
Giving Questions and Getting Answer
|
3.
Penutup
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/Bahan/ Alat Kebutuhan
|
4 menit
3 menit
1 menit
2 menit
|
-
Refleksi :
Terimakasih anak-anak hari ini kita telah
belajar bersama tentang “macam-macamsholat sunah muakadah”. Telah kita
ketahui macam sholat sunah muakadah yaitu
1.
Dua rakaat sebelum sholat
subuh.
2.
Dua rakaat sebelum sholat
dzuhur.
3.
Dua rakaat sesudah sholat
dzuhur
4.
Dua rakaat sesudah sholat
magrib
5.
Dua rakaat sesudah sholat
isya.
-
Guru menyuruh salah satu
siswa untuk menjelaskan materi.
-
Penilaian :
-
Guru membagikan soal dan
jawaban (test) atau praktik terkait materi yang telah diberikan.
-
RTL :
-
Guru memberikan tugas untuk
di kerjakan dirumah, pada buku LKS hal. 18
-
Do’a dan salam.
|
Tanya jawab
|
-
LKS
|
Pertemuan Kedua
V.
SUMBER/BAHAN ALAT/KEBUTUHAN
A.
1. Sumber Primer
a.
Buku Paket (Nur Hadi, Ayo
Memahami Fiqih MTs/SMP kelas VII Jilid I Jakarta : PT. Gelora Aksara 2009)
2. Sumber Sekunder
a. Buku LKS.
B. Bahan Alat/Kebutuhan
1. 2 Kertas beda warna
2. Spidol
3. Gunting
4. Kertas Plano
5. Solatip
VI.
TEKNIK PENILAIAN
A.
Tes Tulis : Pilihan Ganda
B.
Tes Tulis : Uraian Obyektif
LAMPIRAN
o
Lembar KKM setiap indikator
o
Instrumen Penilaian (soal-kunci-pedoman pensekoran)
o
Hand Out Materi
Dosen Pembina Ponorogo, 21 Maret 2014
Nama Mahasiswa
Dr. Basuki, M.Ag Ade Prasetyo
NIP. 197210102003121003 NIM. 210311213
Tidak ada komentar:
Posting Komentar